Home » Kesehatan » Protokol Kesehatan COVID-19

Protokol Kesehatan COVID-19

Saat ini kita masih menghadapi tantangan yang mengharuskan beradaptasi dengan situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Corona Virus Disease-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Mengalahkan penyebaran dan penularan COVID-19 di dunia tidak mudah. Namun, beragam upaya terus dilakukan para ahli dan penduduk global demi mengakhiri ancaman virus corona yang terus menyerang bertubi-tubi. Untuk keselamatan dan kesehatan bersama, yuk perhatikan panduan dibawah ini!

Protokol Kesehatan COVID-19

Protokol Kesehatan COVID-19 Paling Aman

Protokol Kesehatan COVID-19

  • Mencuci Tangan

Rutin mencuci tangan hingga bersih adalah salah satu protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan COVID-19. Untuk hasil yang maksimal, cucilah tangan setidaknya selama 20 detik beberapa kali sehari, terutama saat:

  1. Sebelum memasak atau makan;
  2. Setelah menggunakan kamar mandi;
  3. Setelah menutup hidung saat batuk, atau bersin.
  • Jangan Menyentuh Wajah

Dalam kondisi tangan yang belum bersih, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut. Mengapa? Tangan kita bisa jadi terdapat virus yang didapatkan dari aktivitas yang kita lakukan, jika tangan kotor ini digunakan untuk menyentuh wajah, khususnya di bagian yang sudah disebutkan sebelumnya, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

  • Masker

Penggunaan masker ketika di luar rumah adalah suatu kewajiban di tengah pandemi seperti saat ini. Walaupun Bunda dan keluarga tidak berada di tempat tertutup yang dipenuhi orang banyak, upayakan untuk tidak melepaskan masker, karena kita tidak tahu siapa saja yang membawa virus Corona.

  • Menjaga Jarak

Sebaiknya kita menghindari lokasi yang ramai akan orang-orang berkumpul, namun jika memang mengharuskan anda berada di kerumunan tersebut karena sebuah urusan penting. Maka jaga jarak yang aman, sekitar 1,5 – 2 meter dengan orang-orang disekitarnya.

  • Rajin Berolahraga & Minum Vitamin
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas tubuh meningkat.

Sudah saatnya untuk saling mengingatkan, sudah waktunya untuk berupaya saling melindungi agar pemutusan rantai ini bisa dilaksanakan dengan efektif. Patuhi protokol kesehatan. Ikuti berita tentang Covid-19.