Home » Kesehatan » Manfaat Olahraga Plank Untuk Tubuh

Manfaat Olahraga Plank Untuk Tubuh

Meski sederhana, plank adalah salah satu bentuk latihan berat badan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bisa dibilang gerakan plank tidak rumit dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Plank adalah salah satu latihan paling efektif yang dapat rutin kalian lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari kegiatan olaharag plank ? Berikut penjelasan nya!

Manfaat Olahraga Plank Untuk Tubuh

Manfaat Plank Untuk Tubuh Dan Kesehatan

  • Mengencangkan otot perut

Plank dapat memunculkan bentuk otot pada bagian perut. Karena latihan ini menitikberatkan pada bagian otot perut dalam transverus abdominis. Bisa membuat otot rectus abdominis menjadi lebih kuat.

  • Mengurangi nyeri punggung

Selain aman untuk penderita nyeri punggung, plank bermanfaat untuk menjaga kesehatan punggung dan mengurangi nyeri di daerah tersebut. Otot perut yang terlatih karena plank akan mampu menyokong tubuh Anda dan mengurangi beban pada punggung dan mencegah rasa pegal di bagian bahu dan leher akibat postur yang membungkuk.

  • Membakar kalori

Latihan plank memang bukan seperti latihan kardio yang bisa membakar banyak kalori sekali dilakukan. Meski begitu, latihan plank yang merupakan latihan kekuatan otot juga dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Bahkan, efek ini bisa bertahan sampai setelah Anda selesai melakukann latihan plank.

Cara Melakukan Gerakan Plank

Cara Melakukan Gerakan Plank

  1. Masuk ke posisi pushup di lantai, tubuh lurus tengkurap dengan kedua tangan menyangga.
  2. Tekuk siku pada sudut 90 derajat, sambil menyandarkan berat badan pada kedua lengan.
  3. Jaga agar tubuh tetap kaku dan lurus, tubuh dalam garis lurus dari jari kaki ke telinga tanpa kendur atau tertekuk sedikitpun.
  4. Menatap ke bawah atau melihat lantai, dengan kepala tetap dalam keadaan rileks.
  5. Tahan posisi ini selama Anda bisa, atau minimal dua menit.
  6. Ingatlah untuk bernapas santai. Tarik napas dan hembuskan, dengan mantap dan perlahan.
  7. Ketika sudah merasa sangat berat, berhentilah. Biarkan tubuh terkapar di lantai dengan rileks.

Jika dilihat oleh kasat mata, mungkin olahraga plank mudah dilakukan. Akan tetapi, ketika kamu mencobanya, perut akan terasa seperti tertekan. Tapi jangan menyerah hanya karena rasa sakit yang sebentar, karena khasiatnya sangat baik untuk kesehatan dan membentuk postur tubuh anda.